Tips Mengobati Sakit Maag Dengan Tanaman Herbal

By Admin Solusialami.com | Obat Herbal | 229x Dibaca

Sakit maag salah satu masalah kesehatan yang sering sekali terjadi dan salah satu jenis penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut atau lambung.mengobati maag dengan tanaman herbal

Berikut ini beberapa tanaman herbal yang mempunyai manfaat mengobati sakit maag secara alami atau aman tidak mempunyai efek samping.

Daun Cincau
L.B. Cardenas, Lemmens, dan Horsten dalam Medicinal and Poisonous Plants 1 (1999) menyebutkan bahwa sejumlah senyawa flavonoid pada daun cincau bersifat mencegah radang (anti-inflamatori) dan menurunkan kadar asam lambung. Senyawa flavonoid terdapat pada beberapa tumbuhan obat, seperti cincau (Premna serratifolia), camcau (Cyclea barbata), dan juga para kerabatnya dari famili Menispermaceae.

Cara mengolahnya : 1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.

Jahe
Jahe juga dapat secara efektif mengobati sakit maag karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Hal ini dapat mengurangi peradangan dan mengobati infeksi serta meringankan gejala seperti sakit perut, gas, gangguan pencernaan, mual dan kembung.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan 2005 di “Phytotherapy Research,” peneliti menguji 24 ekstrak botani di 15 strain HP yang berbeda. Jahe adalah salah satu dari tiga ekstrak yang paling efektif dalam menghilangkan bakteri HP (Helicobacter pylori bakteri).

Cara mengolahnya : Ambil 5 gram rimpang segar lalu rebus dengan 3-4 gelas air selama 30 menit hingga menjadi 1 gelas. Setelah itu disaring dan diminum.

Daun Jambu Biji
Sejarah panjang penggunaan jambu telah menyebabkan peneliti modern untuk mempelajari ekstrak jambu biji. Penggunaan tradisional untuk diare, gastroenteritis dan keluhan pencernaan lainnya telah divalidasi dalam berbagai studi klinis.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antibakteri daun jambu biji secara signifikan dapat menghambat dan membunuh virus dan bakteri penyebab diare dan maag seperti Staphylococcus, Shigella, Salmonella, Bacillus, E. coli, Clostridium, dan Pseudomonas.

Cara mengolahnya : Caranya cukup berbeda dengan cara pertama. Siapkan beberapa lembar daun jambu biji segar, rebus hingga tersisa setengah airnya dan minum ramuan obat itu 3 kali setiap hari.

Demikianlah Tips Mengobati Sakit Maag Dengan Tanaman Herbal yang dapat kami sampaikan untuk anda. sebelum ingin meracik sendiri di rumah, mohon perhatikan dengan benar cara membuatnya, supaya ramuan yang anda buat bisa berkhasiat maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *