Tips Mencegah Kanker Hati

By Admin Solusialami.com | Mencegah | 2177x Dibaca

Tips Mencegah Kanker Hati – posting ini merupakan lanjutan dari makanan pantangan bagi penderita kanker hati. pepatah yang sudah usang tapi sangat penting untuk di ingat, yaitu mencegah lebih baik daripada mengobati. untuk itu hal apa saja sih yang mesti dilakukan dan dikonsumsi.tips mencegah kanker hati

Mencegah Kanker Hati

1. Hindari Minuman Beralkohol – tips mencegah kanker hati yang wajib di lakukan adalah tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Jika seorang peminum telah minum minuman yang mengandung alkohol sejak bertahun-tahun maka resiko terkena kanker hati sangat tinggi, karena minuman beralkohol dapat menyebabkan sirosis atau pengerasan hati.

Alasan : Dalam kandungan alkohol terdapat asetaldehid yang dapat merusak DNA pada sel-sel dalam tubuh, dan memicu pertumbuhan sel pada hati melebihi dari normalnya. Kemudian sel-sel baru yang muncul tersebut akan mengalami perpindahan pada gen-gennya sehingga menjadi kanker.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Olahraga secara rutin – Resiko terkena kanker hati dapat juga terjadi bila mengalami kelebihan berat badan dari batas normal, memiliki riwayat penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol yang tinggi. Itu semua akan memicu tumbuhnya tumor jika memiliki gaya hidup yang tak sehat dengan memakan makanan yang tidak baik sehingga penyakit ringan seperti diare selalu menghampiri.

Jika terus menerus mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tanpa di imbangi dengan olahraga yang teratur, maka sudah dapat dipastikan lemak akan menumpuk dalam tubuh sehingga mengalami obesitas.

3. Mencegah Hepatitis C – Hepatitis merupakan penyakit infeksi pada hati dan tidak memiliki gejala tertentu yang dirasakan, akan tetapi jika telah terinfeksi dapat menyebabkan eskar pada hati. Biasanya hepatitis C di tularkan dengan cara penggunaan alat medis yang tidak steril. Seperti transfusi darah, suntikan, kontak dengan penderita, kontak hubungan seksual dengan banyak pasangan sampai pemakaian narkoba. Hepatitis C tidak menunjukan gejala yang pasti dalam beberapa tahun, sehingga banyak diantara mereka yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi atu tidak. Oleh sebab itu untuk menghindari menggunaan jarum, kontak fisik secara langsung dengan penderita juga adalah salah satu cara untuk menghindarinya.

4. cara mencegah kanker hati yang selanjutnya adalah dengan mencegah terjadinya hepatitis B. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada hati yang disebabkan adanya virus HBV. Menggunakan vaksin untuk perlindungan terhadap hepatitis b akan sangat membantu. Tetapi melakukan vaksinasi dari hepatitis b jarang terjadi, karena vaksin heptitis b biasanya diberikan kepada orang lebih beresiko tinggi terjangkit hepatitis b. Seseorang akan beresiko merkena penyakit hepatitis b jika :
– Berhubungan intim dengan seseorang yang terinfeksi.
– Memiliki banyak pasangan dalam berhubungan intim.
– Menyuntikan obat (Narkoba).
– Hidup dengan seseorang yang memiliki penyakit HBV kronis.
– Telah mengalami hemodialisis.
– Orang-orang yang bekerja di suatu tempat yang berhubungan dengan darah ataupun cairan tubuh, perawat pada laboratorium dan dokter.
– Seseorang yang memiliki berbagai penyakit komplikasi.
– Seseorang yang memiliki penyakit ginjal kronis.

5. Tidak mengkonsumsi makanan yang sudah terlalu lama – Makanan yang mudah berjamur akan menyebabkan tumbuhnya jamur aspergillus flavus yang dapat menyebabkan terjadinya kanker hati. Jamur aspergillus adalah keluarga dari aflatoksin yang merupakan senyawa toksik yang berasal dari fungi. Kandungan aflatoksin terdapat pada biji kacang, rempah-rempah, dan serelia (gandum, padi dan jagung).

Di dalam toksin mengandung 13 jenis zat tertentu, diantaranya aflatoksin B1, B2, G1, G2, M1 dan M2. Senyawa B1 ini adalah senyawa yang paling berpotensi menjadi kanker, terutama kanker hati. Jika kadar terlalu tinggi maka dapat menyebabkan sirosis, karsinoma pada hati, dan gangguan pencernaan. Toksin yang berada pada hati akan berubah menjadi epoksida yang cukup reaktif terhadap senyawa-senyawa yang berada didalam sel.

Baca Juga Klik : Cara Mengobati Kanker Hati

6. Hentikan Merokok – Merokok hampir dapat dipastikan menjadi penyebab kanker secara umum, dapat dikatakan bahwa 80 % Jenis kanker disebabkan oleh merokok, untuk itu menghentikan rokok adalah jalan terbaik mencegah proses terjadinya kanker hati.

7. Hindari Makanan Penyebab Kanker – Ada banyak makanan penyebab kanker yang harus kita waspadai, beberapa diantaranya adalah yang mengandung bahan kimia, pemanis buatan, pewarna buatan dan bahan kimia lainnya.

Jadi Itulah Tips Mencegah Kanker Hati. gimana anda sudah tahukan?. apa yang telah kami tulis ini semoga dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *