Proses Penularan, Penyebab Dan Gejala Penyakit Kuning

Penyakit kuning atau jaindice merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh. proses penularan, penyebab dan gejala penyakit kuning dapat kita kenal dan tahu dengan membaca terus artikel ini.

Penularan Penyakit Kuning

Pada proses penularan sakit kuning Sebelum zat Bilirubin dibuang oleh tubuh, bilirubin dibawah terlebih dulu menuju hati melalui aliran darah. Di dalam hati, bilirubin dicampur dengan cairan empedu. Kedua zta ini kemudian melewati sistem pencernaan untuk dibuang dan sebagian besar bilirubin dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran dan sebagian kecil dibuang dalam bentuk urin. Apabila hati tidak dapat mengatasi zat bilirubin yang diproduksi oleh tubuh, bilirubin akan menumpuk dan menyebabkan gejala-gejala penyakit kuning. Bilirubin ialah zat sisa yang dihasilkan ketika sel darah merah terurai. nah sampai di sini pasti udah paham bagaimana proses penularan penyakit kuning tersebut, lalu kita akan melanjutkan dengan Penyebabnya.

Penyebab Penyakit Kuning

Penyebab Penyakit kuning secara umum disebabkan oleh adanya peradangan di hati, namun tidak semua peradangan hati merupakan penyebab dari munculnya jaundice atau sakit kuning. Pada umumnya, gangguan pencernaan menjadi pemicu awal munculnya penyakit kuning terutama pada orang dewasa. Gaya hidup yang kurang tepat dan pola makan yang buruk menjadi salah satu faktor pemicu munculnya penyakit ini.

Gejala Sakit Kuning

Berikut ini merupakan gejala yang dapat dirasakan ketika seseorang menderita penyakit kuning. diantaranya :

  • Gatal, Gatal-gatal terjadi pada penyakit kuning obstruktif yang mana saluran empedu tersumbat dan gagal dalam memberikan empedu untuk metabolisme bilirubin. Hal ini dapat menyebabkan gatal-gatal pada seluruh tubuh.
  • Kehilangan nafsu makan, Hilangnya nafsu makan juga merupakan salah satu dari gejala penyakit kuning yang banyak tidak di sadari oleh penderitanya. Jika hal ini berlanjut yang kemudian disusul dengan muntah dan urin berwarna kuning, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri Anda.
  • Kulit dan mata kuning, Gejala yang satu ini mungkin sulit terdeteksi pada orang dengan kulit yang berwarna gelap. Tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai tanda kulit pucat karena anemia.
  • Mudah lelah, Tahap awal hepatitis A ditunjukkan dengan gejala seperti mudah lelah yang non-spesifik. Jika Anda merasa mudah lelah, lemas dan lesu selama lebih dari dua minggu dengan diikuti gejala lain itu bisa jadi suatu pertanda penyakit kuning.
  • Muntah
  • Urine kuning, Perubahan warna urin menjadi kuning tua disebabkan oleh penurunan asupan air yang akhirnya berkosentrasi pada urin. Ini tidak boleh di abaikan karena urin kuning tua diidentifikasi sebagai tanda dehidrasi.
  • Nyeri perut, Apabila Anda merasakan nyeri di sisi kanan perut, tepat di bawah tulang rusuk dan tersambung hingga ke punggung bagian atas, ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda terkena penyakit kuning karena kerusakan sel hati atau batu empedu.
  • Nyeri sendi, Jika Anda merasakan nyeri sendi bersamaan dengan gejala-gejala lainnya yang terkait dengan penyakit kuning, segera konsultasikan ke dokter Anda.
  • Suhu, Suhu tubuh yang tinggi atau demam yang disertai menggigil juga merupakan gejala penyakit kuning.

Jangan Lupa Mampir Ke Cara Mengobati Penyakit Kuning

Demikianlah Penyebab, Penularan Dan Gejala Penyakit Kuning yang dapat kami uraikan. semoga penjelasan ini mampu menambah wawasan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *