Penyebab Sesak Nafas

By Admin Solusialami.com | Penyebab | 1623x Dibaca

Penyebab Sesak Nafas dapat anda temukan pada tulisan ini. setidaknya 11 yang menjadi penyebab seseorang mengalami sesak napas. harap di simak dengan baik-baik penjelasan yang ada dibawah ini :Penyebab Terjadinya Sesak Nafas

1. faktor keturunan – memiliki paru-paru dan organ pernafasan lemah. Ditambah kelelahan bekerja dan gelisah, maka bagian-bagian tubuh akan memulai fungsi tidak normal. Kabar baiknya, ini tidak otomatis membuat tubuh menderita, sebab secara alami akan melindungi diri sendiri. Namun demikian, sistem pertahanan bekerja ekstra, bahkan kadang-kadang alergi dan asma timbul sebagai reaksi dari sistem pertahanan tubuh yang bekerja terlalu keras.

2. Asma muncul saat saluran pernapasan mengalami peradangan dan menyempit. Orang yang mempunyai riwayat asma dalam keluarga memiliki rasiko tinggi untuk menderita penyaki tini. Selain itu pada bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2,5 kg dan orang yang sering terpapar asap rokok, zat kimia dan polusi udara pun juga beresiko tinggi terkena asma. Pemeriksaan dilakukan dengan tes fungsi paru dengan spirometri dan peak flow meter. Pada saat terjadi serangan penyakit asma, pasien diberi obat pelega pernapasan seperti ipratropium.

3. Faktor lingkungan. Udara dingin dan lembab dapat menyebabkan sesak nafas. Demikian pula dengan serbuk sari bunga dan partikel lain. Bekerja di lingkungan berdebu atau asap dapat memicu sesak nafas berkepanjangan. Polusi pada saluran hidung disebabkan pula oleh rokok yang dengan langsung dapat mengurangi suplai oksigen.

4. produksi lendir yang berlebihan akan menyumbat saluran udara. Makanan yang menyebabkan produksi lendir berlebih adalah produk dari susu, tepung, nasi putih, dan permen. Penyebab sesak nafas yang keempat ini dapat pula karena kurangnya asupan cairan sehingga lendir pada paru-paru dan saluran nafas mengental. Kondisi ini juga menjadi situasi yang menyenangkan bagi mikroba untuk berkembang biak.

5. ketidakstabilan emosi. Orang-orang yang gelisah, depresi, ketakutan, rendah diri cenderung sering menahan nafas, Atau justru menarik nafas terlalu sering dan dangkal sehingga terengah-engah. Dalam waktu yang lama, kebiasaan ini berpengaruh terhadap produksi kelenjar adrenal dan hormon, yang berkaitan langsung dengan sistem pertahanan tubuh.

6. Infeksi paru-paru seperti pneumonia, Tbc, flu burung sering disertai dengan sesak napas. Selain itu pasien juga akan mengalami demam, batuk, nyeri dada, dan badan lemas.

7. Refluks asam lambung misalnya pada penyakit (GERD – Gastroesofageal refluks) dapat juga menyebabkan timbulnya keluhan sesak nafas.

8. Kelainan ginjal Dapat menyebabkan sesak napas, karena adanya gangguan keseimbangan asam-basa yang menyebabkan darah menjadi lebih asam (asidosis).Penggunaan obat-obatan diperlukan dan dilanjutkan dengan mengurangi cairannya.Kadang pasien diharuskan pula untuk melakukan cuci darah.

9 . Penyakit diabetes, sesak napas terjadi karena komplikasi asidosis diabetes. Darah menjadi asam sehingga tubuh mengkompensasi dengan cara napas yang dalam dan cepat untuk mengeluarkan asam di dalam darah. Pernapasan seperti ini disebut pernapasan kuss maul.

10. Penyakit Paru Obstruktif Kronik ( PPOK ). disebabkan oleh proses peradangan paru dan ditandai dengan gangguan aliran udara dalam saluran pernapasan yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke keadaan semula).

11. Penyakit jantung merupakan penyebab sesak nafas yang terakhir. hal ini terjadi karena adanya gangguan fungsi pompa jantung dalam mengisi dan memompa darah dari paru, akibatnya terjadi penumpukan darah di paru dan menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah paru. Maka fungsi paru-paru pun terganggu dan terjadilah sesak napas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *