Penyebab Serta Komplikasi Penyakit Batu Ginjal

Penyebab Serta Komplikasi Penyakit Batu Ginjal – Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil ataupun tidak. Bahkan, terkadang orang yang menderita batu ginjal ini bisa mengeluarkan darah saat kencing dan jika batu tersebut sudah sangat membesar, maka penderita tidak dapat mengeluarkan urine melalui saluran kencing.

Lihat Juga : Gejala Batu Ginjal

Dengan sedikit penjelasan di atas, sehingga perlunya kita mengetahui penyebabnya serta komplikasi-komplikasi yang bisa terjadi apabila terlambat dalam menanganinya. Penyebab Serta Komplikasi Terjadi Pada Penyakit Batu Ginjal

Penyebab Batu Ginjal

Penyebab munculnya batu ginjal diantaranya adalah kurangnya konsumsi air putih, Genetik (kasusnya relatif sedikit), terlalu banyak makan makanan yang mengandung kalsium oksalat yang tinggi, terlalu sering mengkonsumsi junk food dan fast food sehingga tubuh kekurangan gizi, mengkonsumsi garam yang berlebihan, sering mengkonsumsi kopi yang kental dan terlalu manis, dan sering mengkonsumsi minuman bersoda.

Sebenarnya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya batu ginjal tadi. Faktor yang mendasarinya diantaranya adalah kesehatan, makanan yang dikonsumsi. Melihat dari faktor-faktor penyebab munculnya, maka batu ginjal dapat dibedakan menjadi empat jenis utama yaitu: batu kalsium, batu asam urat, batu truvit, dan batu sistin.

Komplikasi Penyakit Batu Ginjal

Komplikasi Yang Terjadi Pada Penyakit batu ginjal dibedakan menjadi 2 yaitu, komplikasi akut dan komplikasi jangka panjang.

Komplikasi akut yang sangatdiperhatikan oleh penderita adalah kematian, kehilangan fungsi ginjal, kebutuhan transfusi dantambahan intervensi sekunder yang tidak direncanakan. Data kematian, kehilangan fungsi ginjaldan kebutuhan transfusi pada tindakan batu ureter memiliki risiko sangat rendah. Komplikasi akut dapat dibagi menjadi yang signifikan dan kurang signifikan. Yang termasuk komplikasi signifikanadalah avulsi ureter, trauma organ pencernaan, sepsis, trauma vaskuler, hidro atau pneumotorak,emboli paru dan urinoma. Sedang yang termasuk kurang signifikan perforasi ureter, hematom perirenal, ileus, stein strasse, infeksi luka operasi, ISK dan migrasi stent.

Komplikasi jangka panjang adalah striktur ureter. Striktur tidak hanya disebabkan oleh intervensi,tetapi juga dipicu oleh reaksi inflamasi dari batu, terutama yang melekat. Angka kejadian striktur kemungkinan lebih besar dari yang ditemukan karena secara klinis tidak tampak dan sebagian besar penderita tidak dilakukan evaluasi radiografi (IVP) pasca operasi.

Obstruksi adalah komplikasi dari batu ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya hidronefrosis dan kemudian berlanjut dengan atau tanpa pionefrosis yang berakhir dengan kegagalan faal ginjal yangterkena. Komplikasi lainnya dapat terjadi saat penanganan batu dilakukan. Infeksi, termasuk didalamnya adalah pielonefritis dan sepsis yang dapat terjadi melalui pembedahan terbuka maupunnoninvasif seperti ESWL. Biasanya infeksi terjadi sesaat setelah dilakukannya PNL, atau pada beberapa saat setelah dilakukannya ESWL saat pecahan batu lewat dan obstruksi terjadi. Cidera pada organ-organ terdekat seperti lien, hepar, kolon dan paru serta perforasi pelvis renalis jugadapat terjadi saat dilakukan PNL, visualisasi yang adekuat, penanganan yang hati-hati, irigasi sertadrainase yang cukup dapat menurunkan resiko terjadinya komplikasi ini.

Baca Juga : Obat Alami Pemecah Batu Ginjal

Pada batu ginjal nonstaghorn, komplikasi berupa kehilangan darah, demam, dan terapi nyeri yangdiperlukan selama dan sesudah prosedur lebih sedikit dan berbeda secara bermakna pada ESWL dibandingkan dengan PNL.

Itulah Bahaya Komplikasi Batu Ginjal Serta Penyebabnya yang mungkin saja tidak banyak yang mengenalnya. Untuk mencegah terjadinya komplikasi batu ginjal, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi air putih, dan hindari hal-hal yang dapat memicu batu ginjal sebelum terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *