Penyebab Dispepsia Serta Tipenya

By Admin Solusialami.com | Info Lain-Lain, Penyebab | 877x Dibaca

penyebab dispepsia

Penyebab Dispepsia Serta Tipenya menjadi topik pembahasan pokok pada hari jum,at ini. Secara Umum Terdapat dua tipe dispepsia, yaitu organik dan fungsional. Dispepsia organik adalah dispepsia yang disebabkan kelainan struktur organ percernaan seperti luka di lambung atau kanker. Dispepsia fungsional adalah dispepsia yang terjadi tanpa adanya kelainan organ lambung, baik dari pemeriksaan klinis, biokimiawi hingga pemeriksaan penunjang lainnya.

Penyebab Pada Dispepsia

Banyak Hal Penyebab Dispepsia antara lain udara yang tertelan, intoleransi laktosa, kecemasan, depresi, luka pada lambung atau usus, kanker lambung, penyakit pada kantung empedu, regurgitasi makanan atau cairan dari lambung, serta efek samping dari kopi, alkohol, minuman bersoda dan obat – obatan. Obat yang dapat menyebabkan dispepsia antara lain aspirin, antibiotik, steroid, digoxin, dan teofilin.

Tipe Dispepsia

Dispepsia atau kadang dikenal dengan sakit maag walaupun istilah kurang tepat memiliki 3 tipe yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada lambung. Menurut seorang dokter ahli dari sebuah Departemen Penyakit Dalam divisi Gastroenterologi RSUPN Cipto Mangunkusumo, yakni dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, MMB mengungkapkan bahwa lambung memiliki 3 tipe penyerang yang menyebabkan sakit itu timbul yakni

a. Tipe Ulkus

Umumnya pada penderita akan merasakan nyeri di bagian ulu hati hingga tembus ke tubuh bagian belakang, yang menyerang pada malam hari. Namun biasanya rasa nyeri ini akan hilang usai makan, tapi nyeri hilang bersifat sementara kemudian nyeri akan timbul kembali.

b. Tipe Dismotilitas

Tipe ini lebih terlihat dan sangat dirasakan gejalanya seperti rasa penuh pada perut, cepat merasa kenyang, dan mual ingin muntah. Gejala ini umumnya juga dirasakan pada penderita liver.

Baca Juga Tentang Artikel : Obat Herbal Dispepsia

c. Tipe campuran

Jenis tipe ini merupakan gabungan antara tipe ulkus dan dismotilitas yang membuat penderitanya akan merasakan rasa tidak nyaman yang begitu menyiksa hingga rasa nyeri yang begitu hebat dan perut kembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *