Penyebab Dan Komplikasi Cacar Air

penyebab serta komplikasi yang terjadi pada cacar airDi kesempatan sebelumnya kami juga telah mengulas tentang ciri-cirinya, kini pembahasan kami adalah Penyebab Dan Komplikasi Cacar Air. bagi yang penasaran dengan isi pembahasan dari artikel ini. yuk lanjutin membacanya.

Penyebab Cacar Air

Penyebab cacar air adalah virus varicella zoster (VZV), virus yang merupakan bagian dari keluarga virus herpes. Virus cacar air yang menyebabkan cacar air juga menyebabkan herpes zoster (shingles) pada orang dewasa. Cacar air sendiri merupakan salah satu penyakit menular. Sebelum pengenalan vaksin varicella pada tahun 1995, sekitar 4 juta kasus cacar dilaporkan setiap tahunnya, termasuk 9.000 4.000 untuk rawat inap dan 100 kematian. Sejak diperkenalkannya vaksin cacar air, jumlah kasus penyakit telah menurun drastis.

Virus varicella zoster (VZV) sebagai penyebab cacar air akan menyebabkan ruam melepuh, gatal, kelelahan, dan demam jika terpapar pada seseorang. Gejala awal cacar air dapat di mulai dengan demam ringan 1 sampai 2 hari serta penderitanya akan merasa kelelahan. Gejala-gejala awal tidak selalu terjadi sebelum ruam cacar air berkembang. Sekitar 90% dari orang yang belum pernah menderita cacar air akan terinfeksi ketika kontak dengan virus.

Penyebaran virus penyebab cacar air

virus cacar air menyebar dengan cara yang sama seperti pilek dengan flu. Hal ini terkandung dalam jutaan tetesan kecil yang keluar dari hidung dan mulut ketika bersin atau batuk orang yang terinfeksi. Seseorang kemudian dapat terinfeksi virus dengan bernapas pada paparan udara yang tercemar oleh virus tersebut.

Masa inkubasi virus cacar air Dibutuhkan 10-21 hari untuk gejala cacar air menunjukkan gejala setelah terpapar kontak dengan virus. Ini disebut ‘periode inkubasi’. Seseorang dengan cacar paling menular dari satu sampai dua hari sebelum ruam muncul sampai semua lepuh ada diatas kulit. Hal ini biasanya memakan waktu lima sampai enam hari dari awal ruam.

Walaupun kebanyakan orang sembuh dari cacar air (mungkin beberapa meninggalkan bekas luka) sebagian kecil mengalami komplikasi yang lebih serius. Setiap tahun di Amerika Serikat, sekitar orang dirawat di rumah sakit dengan cacar air, dan sampai dengan 100 orang mati. Mereka yang memiliki risiko tertinggi untuk komplikasi adalah bayi yang baru lahir, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan orang dewasa. Meskipun orang dewasa kurang dari 5% kasus cacar air di Amerika Serikat, mereka memperhitungkan setengah dari kematian akibat penyakit tersebut.

Komplikasi penyakit cacar air

Komplikasi yang paling umum dari penyakit cacar air adalah infeksi kulit dan pneumonia. Komplikasi lain adalah ensefalitis (radang otak) dan hepatitis. Cacar air juga dapat menyebabkan masalah berat pada ibu hamil, menyebabkan kelahiran bayi gaga, cacat lahir, atau infeksi yang baru lahir selama persalinan.

Demikianlah Penyebab Dan Komplikasi Cacar Air Yang Mungkin Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang. yang perlu di ingat juga bahwa cacar air salah satu jenis penyakit kulit yang bisa menular kepada orang lain. bukan hanya sentuhan kulit secara langsung saja proses penularannya, tetapi bisa juga lewat benda yang telah disentuh oleh penderita cacar air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *