Pencegahan Dan Penanganan Cacar Air

Pencegahan Dan Penanganan Cacar Air dapat kita lakukan apabila mengetahui tipsnya. hal ini bertujuan untuk terhindar dari penyakit cacar air serta mencegah terjadinya komplikasi, pada khususnya sangat berbahaya terhadap ibu hamil dan orang dewasa. cara Pencegahan Dan Penanganan Cacar Air

Cara Pencegahan Cacar Air

  • Tidak berbeda antara anak-anak dan dewasa, yang paling bijaksana adalah dengan vaksinasi. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, dan sudah tentu akan lebih murah dibandingkan bila harus terkena penyakitnya.
  • Ada 2 jenis vaksin, yang pertama adalah vaksin dua dosis yang lebih dianjurkan untuk anak-anak. Vaksinasi diberikan mulai usia 12-15 bulan kepada anak yang belum pernah terkena. Dosis kedua diberikan saat anak berusia 4-6 tahun.
  • Untuk dewasa atau anak di atas 2 tahun, biasanya diberikan vaksin dosis tunggal.
  • Vaksin Tidak dapat diberikan untuk wanita hamil. Sehingga disarankan diberikan sebelum berencana untuk hamil.
  • Bila sudah pernah terkena pada usia berapa pun, tidak perlu divaksinasi ulang. Tapi tetap harus diwaspadai bila terkena kembali seperti yang telah diuraikan di atas.
  • Kekebalan diharapkan didapat untuk seumur hidup, pada 95% populasi yang divaksinasi.
  • Setelah usia mencapai 60 tahun, harus divaksinasi dengan vaksin Varicella-Zoster, karena kasusnya meningkat tinggi pada usia di atas 60 tahun.

Kunjungi dan baca juga : ciri khas penyakit cacar air

Penanganan Penyakit Cacar Air Yang Benar Adalah :
1. Diam di rumah, berhenti beraktivitas ke luar rumah. karena virus cacar air dapat dengan mudah menyebar ke orang lain.
2. Jagalah agar bula tidak sampai pecah, potong kuku untuk menghindari garukan yang tidak disadari dan membuat bula menjadi pecah.
3. Perbanyak minum, jangan sampai terjadi dehidrasi.
4. Berhenti merokok dan jauhi asap rokok orang lain, karena asap rokok memperburuk kondisi daya tahan tubuh.
5. Jangan menggunakan lotion, tapi gunakanlah bedak atau talk untuk mengurangi rasa gatal.
6. Kompres dingin pada tempat terjadinya bula, apa lagi bila sudah terjadi lecet.
7. Sama halnya dengan penderita herpes, Sebenarnya tidak ada larangan bagi seorang penderita cacar air untuk mandi, asal tidak dilakukan saat terjadi demam dan dijaga agar bula tidak sampai pecah. Mandi dengan air dingin, akan lebih membuat penderita merasa nyaman.
8. Dapat menggunakan obat-obatan bebas untuk mengatasi keluhan demam (seperti paracetamol dan ibuprofen) dan keluhan gatal (seperti CTM dan loratadine). bisa juga minum obat cacar air herbal.

Banyak yang berpendapat bahwa cacar air merupakan penyakitnya anak kecil. Pendapat ini tidak terlalu salah, karena memang lebih sering diderita oleh anak kecil, akan tetapi bila menyerang orang dewasa ternyata implikasinya menjadi lebih luas dibandingkan kejadian pada anak kecil.

(1 votes, out of 4.00 bestrate 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *