Mencegah Asam Urat Dan Diagnosa

By Admin Solusialami.com | Mencegah | 1036x Dibaca

cara mencegah asam urat serta diagnosa

Mencegah Asam Urat Dan Diagnosa akan jadi pembahasan paling inti pada artikel ini. siapapun pasti mengenal penyakit ini, karena penyakit asam urat sudah sangat familiar sekali bagi masyarakat indonesia. mendiagnosa Asam Urat atau Artritis Gout :

  • Riwayat medis dan pemeriksaan fisik dapat dijadikan acuan diagnosis. Namun, uji laboratorium diperlukan untuk diagnosis pasti.
  • darah dan urin biasanya menunjukkan tingkat tinggi asam urat.
  • Penyedotan sendi mungkin diperlukan. Pada tes ini, jarum kecil ditempatkan ke dalam sendi yang terkena, dan beberapa cairan sendi akan diambil. Cairan ini diperiksa di bawah mikroskop untuk memeriksa adanya kristal asam urat atau tanda-tanda asam urat.
  • Dalam kasus-kasus lama, sinar-X pada sendi dapat mengungkapkan adanya abnormalitas asam urat.

Cara Mencegah Asam Urat Yang Benar

Yang harus anda lakukan untuk mencegah asam urat adalah sebagai berikut :
1. Hindari Makanan yang kaya purin – Makanan yang mengandung banyak purin bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Untuk itu usahakan Sobat untuk menghindari makanan yang banyak mengandung purin seperti Ikan hering, sardin, teri, hati, kaldu, daging jeroan, ikan tuna, ikan trout, lobster, udang, kerang dan juga minuman beralkohol dan masih banyak lagi.

2. Jauhi minuman beralkohol – Minuman beralkohol seperti bir memiliki kadar purin tertinggi, makanya usahakan untuk menghindari minuman beralkohol.

3. Minum Banyak Air – Agar Sobat terhindar dari asam urat usahakan minum banyak air putih hingga 12 gelas sehari. Tapi perlu diingat kurangi air alkalin dan jangan minum air berbaking soda karena banyak mengandung garam.

4. Minum Susu – Berdasarkan beberapa riset, susu menurunkan kadar asam urat. Jika anda potensial terkena asam urat usahakan untuk minum segelas susu setiap harinya. Satu gelas susu dapat menurunkan kadar asam urat hingga 0.25mg/dl.

5. Minum Kopi – Tak disangka minum kopi ternyata juga bisa menurunkan kadar asam urat didalam tubuh. Dalam beberapa penelitian didapat hasil kopi dapat menurunkan resiko terkena asam urat.

6. Mengkonsumsi Ceri, Seledri dan Stroberi – Ceri, Sledri dan Stroberi mengandung komponen yang mampu memerangi asam urat. Ada beberapa pasien yang melaporkan nyeri asam urat langsung hilang karena mengkonsumsi ceri. Buah beri juga bisa membantu mencegah. Stroberi mengandung antioksidan yang bisa mencegah terjadinya asam urat berlebihan.

7. Multivitamin – Multivitamin dapat membantu mencegah penyakit asam urat. Minimal konsumsi satu tablet multivitamin setiap harinya. Pilihlah yang paling kuat dan mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan zinc.

8. Menurunkan berat badan – Kalau Sobat kelebihan berat badan sebaiknya diturunkan, dengan menurunkan berat badan bisa mencegah terjadinya asam urat yang berlebihan.

9. Minum vitamin C – Minum vitamin C sebanyak 500 mg setiap harinya menurut penelitian terbukti bisa mencegah yang namanya asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *