Gejala Serta Penyebab Radang Tenggorokan

By Admin Solusialami.com | Gejala, Penyebab | 1015x Dibaca

Gejala Penyakit Radang Tenggorokan Dan Penyebabnya

Gejala Serta Penyebab Radang Tenggorokan – Pada kebanyakan masyarakat memandang penyakit radang tenggorokan tidak begitu berbahaya karena dapat segera dengan sendirinya. Padahal jika terus dibiarkan tanpa adanya perlakuan apapun akan berakibat fatal, dapat menular dan menyebar melalui udara pada saat batuk. dengan demikian mari simak secara lengkap mengenai gejala radang tenggorokan dan penyebabnya di bawah ini.

Gejala Radang Tenggorokan

Secara umum gejala radang tenggorokan ditandai dengan kelenjar leher membengkak, terasa sakit saat menelan, tenggorokan memerah cerah, suhu badan menjadi meningkat atau demam menggigil (demam rhematik). Kemudian infeksi virus akan mengalami gejala seperti tenggorokan terasa gatal bahkan perih, bersin dan batuk yang mengakibatkan suara terganggu (serak), merasakan pegal pada persendian juga perut terasa ingin muntah.

Penyebab Radang Tenggorokan

Seseorang tentu mampu memprediksi faktor yang menyebabkan radang tenggorokan, mencoba berkonsultasi dengan rekan yang ahli atau merujuk ke dokter yang khusus membidangi hal itu. Secara teori dan praktik, tenggorokan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain infeksi bakteri, infeksi virus serta karena iritasi dan luka.

Baca Juga Mengenai : Obat Radang Tenggorokan Secara Tradisional

Infeksi bakteri merupakan penyebab paling serius pada radang tenggorokan karena membutuhkan antibiotik. Jenis bakteri umumnya dikenal dengan Bakteri Streptococcus Pyogenes yang merupakan kelompok Streptokokus A. Jenis bakteri tersebut sangat menular dan menyebar melalui udara (bersin atau batuk), melalui makanan dan minuman atau benda-benda yang sudah terinfeksi bakteri ini. Kemudian, infeksi virus yang tidak memerlukan antibiotik (karena dapat menimbulkan resistensi atau kekebalan virus) selain sistem kekebalan tubuh yang otomatis dapat memulihkan. Sementara iritasi atau cedera berasal dari kelembaban yang rendah, polusi udara, asap rokok atau saat merokok, sindrom kelelahan, bernapas dengan mulut saat hidung tersumbat.

terima kasih banyak telah membaca artikel gejala radang tenggorokan serta penyebab terjadinya. jika berkenan, mohon dibagikan ke teman-teman medsos. cukup dengan klik share, otomatis artikel akan direct ke akun media sosial anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *