Gejala Dan 4 Tipe Polip Hidung

Bagi Anda Yang Mengetahui Atau Belum Mengenal Gejala Dan 4 Tipe Polip Hidung, tidak salah anda mengunjungi segmen ini. seseorang yang menderita keluhan penyakit polip hidung, biasanya akan merasakan :

  • Sakit pada Bagian Wajah
    Polip biasanya ditandai dengan rasa nyeri atau sakit pada bagian wajah. Adapun daerah wajah yang sakit biasanya area hidung yang terkena polip. Ukuran polip yang membesar secara otomatis akan menyebabkan otot-otot di kulit hidung yang terkena polip.
  • Sakit Kepala yang Berkepanjangan
    Meski sakit kepala tidak selalu menandakan adanya gejala polip hidung, namun ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika sakit kepala yang Anda rasakan tak kunjung sembuh.
  • Gangguan Indera Penciuman
    Lubang hidung yang tersumbat oleh polip tentu akan menyebabkan gangguan indera penciuman. Indera penciuman tersebut memiliki kaitan yang erat dengan indera perasa, jadi ketika indera penciuman mengalami gangguan kemungkinan besar indera perasa juga akan terganggu. Dengan kata lain polip akan menyebabkan penurunan fungsi indera penciuman sekaligus indera perasa.
  • Hidung Berair dan Tersumbat
    Hidung yang tersumbat memiliki sifat yang menetap dan gejalanya tidak hilang timbul. Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya lendir di dalam sinus, hidung terus berair dan sering sekali menimbulkan gejala pilek dalam kurun waktu yang cukup lama.
  • Lendir yang Jatuh dari Belakang Hidung ke Tenggorokan
    Polip akan menyebabkan penumpukan lendir atau cairan di sinus. Jika polip sudah besar, sairan akan sulit dibuang dan biasanya akan mengalir dari belakang ke tenggorokan.
  • Mendengkur
    Jika lubang hidung tersumbat oleh polip, maka proses pernapasan juga terganggu. Biasanya gejala tersebut akan menyebabkan penderitanya sering mendengkur ketika tidur juga menyebabkan gangguan tidur lainnya.
  • Bentuk Hidung Tidak Simetris
    Polip yang menyumbat salah satu hidung dan telah berkembang dalam kurun waktu yang cukup lama akan menyebabkan bentuk hidung menjadi tidak simetris. Bentuk hidung biasanya akan berbeda, bagian hidung yang terkena polip akan lebih besar dibandingkan hidung yang tidak terkena polip.
  • Telinga Terasa Penuh
    Saluran antara hidung dan telinga merupakan saluran yang saling berhubungan. Saat hidung tersumbat, biasanya telinga juga akan mengalami gangguan dan terasa seperti penuh. Selain itu, penderita polip mungkin saja juga akan merasakan gejala telinga bindeng. Pada perkembangannya, jika indera pendengaran ikut terganggu maka bisa jadi keseimbangan tubuh juga akan ikut terganggu sebab telinga merupakan pusat dari sistem keseimbangan.
  • Sakit pada Gigi Rahang Atas
    Pengaruh dari polip kemungkinan besar juga akan menyebar ke area rahang dan juga gigi. Tekanan dari polip yang sudah besar akan menyebabkan sakit gigi pada rahang atas. Polip yang sudah berukuran besar juga akan menyebabkan rasa sakit ketika mengunyah atau menelan sesuatu. Jika kondisi tersebut sudah Anda rasakan maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri secara medis.

Apabila Mengalami Sepertihalnya diatas, kemungkinan besar anda sedang menderita gejala polip hidung. penangan yang cepat dapat menghindari terjadinya kronis penyakit tersebut. untuk penyembuhannya, sangat disarankan mengkonsumsi obat polip hidung tradisional.

Kita Lanjutkan pembahasan poin yang kedua yakni tipe polip hidung. seperti yang sudah ada pada judul artikel, ada 4 tipe dari penyakit polip hidung ini, mulai dari yang paling sering terjadi sampai yang sangat terjadi.

Eosinofilik edematous.
Tipe ini merupakan jenis yang paling banyak ditemui yang meliputi kira-kira 85% kasus. Tipe ini ditandai dengan adanya stroma yang edema, peningkatan sel goblet dalam jumlah normal, jumlah eosinofil yang meningkat tinggi, sel mast dalam stroma, dan penebalan membran basement.

Polip inflamasi kronik.
Tipe ini hanya terdapat kurang dari 10% kasus polip nasi. Tipe ini ditandai dengan tidak ditemukannya edema stroma dan penurunan jumlah dari sel goblet. Penebalan dari membran basement tidak nyata. Tanda dari respon inflamasi mungkin dapat ditemukan walaupun yang dominan adalah limfosit. Stroma terdiri atas fibroblas.

Polip dengan hiperplasia dari glandula seromusinous.
Tipe ini hanya terdapat kurang dari 5% dari seluruh kasus. Gambaran utama dari tipe ini adalah adanya glandula dan duktus dalam jumlah yang banyak.

Polip dengan atipia stromal.
Tipe ini merupakan jenis yang jarang ditemui dan dapat mengalami misdiagnosis dengan neoplasma. Sel stroma abnormal atau menunjukkan gambaran atipikal, tetapi tidak memenuhi syarat untuk disebut sebagai suatu neoplasma.

Jadi secara keselurahannya ada 13 poin penting yang terdiri dari gejala serta tipe penyakit polip hidung yang harus anda ketahui. semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *