Ciri Ciri Dan Gejala Infeksi Rahim

By Admin Solusialami.com | Gejala | 12209x Dibaca

Sebelumnya Kami Juga Telah Membahas Gejala Infeksi Saluran Kemih Kemudian Kali Ini Akan Membahas Yang Lebih Penting Juga Untuk Wanita Ketahui Adalah Ciri Ciri Dan Gejala Infeksi Rahim karena tidak sedikit juga para wanita luput dari deteksi dini penyakit ini. oke langsung saja pada pembahasan utamanya ciri dari infeksi rahim yaitu :

Ciri Ciri Infeksi Rahim

Ada tiga tingkatan infeksi rahim yang dapat terjadi, yaitu ringan, sedang, dan berat. Semua infeksi rahim ini tentu harus ditangani dengan tepat agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Spesialis kandungan dan kebidanan dr. Inneke Sirowanto, SpOG menjelaskan, infeksi rahim bisa terjadi pada siapa saja. Gejala Maupun Ciri yang ditimbulkan juga tergantung seberapa parah kondisi infeksinya.

“Ciri infeksi ringan, misalnya, bisa ditandai dengan wanita yang sulit hamil. Namun, ada juga yang mengalami nyeri pinggul di luar siklus menstruasi ataupun keputihan. Biasanya gejala ini sudah termasuk infeksi sedang atau berat,” ungkapnya.

Jika infeksi yang terjadi ada pada saluran rahim dan kondisi infeksi sudah cukup berat dan sudah memasuki masa tumor atau kanker rahim, lanjut dr. Inneke, maka sel telur harus diangkat. Karena jika tidak, akan menghambat kehamilan dan dapat mengakibatkan kemandulan.

“Maka dari itu, penting bagi wanita untuk menjaga kebersihan organ genitalnya. Apabila terjadi keputihan, segera diobati untuk mencegah berkembangnya bakteri, virus, atau parasit,” tutup dr. Inneke.

Baca Juga Klik : Cara Mengobati Infeksi Rahim

Jika Anda Merasakan Ciri Ciri Infeksi Rahim Seperti yang telah kami uraikan di atas segeralah periksa ke klinik terdekat untuk mengetahui lebih lanjut, karena pada kebanyakan kasus awalnya sulit untuk mendeteksi gejala penyakit infeksi rahim ini.

Semoga Dengan Adanya Pembahasan Ini Dapat Menambah Pengetahuan Anda dan Dapat Mengenal Lebih Awal Tentang Penyakit Yang Akan Menyerang Tubuh, Sekian Dan Terima Kasih !!!!!!!!!

14 Comments
  1. dany

    Saya kalau haid pertama pasti nyeri sekali bahkan sudah seperti mau melahirkan….tapi gejala ini saya alami pasca saya sudah habis melahirkan selang 2th…kata dokter spesialis saya infeksi kandungan kurang konsumsi air putih apa itu benar?

    Reply
    1. Admin Solusialami.com Reply Admin

      inti terjadinya infeksi kandungan karena berkembangnya virus, parasit serta bakteri. fungsi air putih banyak sekali manfaatnya diantaranya melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kesuburan kandungan dan menghilangkan kotoran-kotoran tubuh. jadi apa yang dikatakan oleh dokter spesialis tersebut benar sekali mbak. biasakan pagi2 saat bangun tidur, sebelum menyentuh apapun. sebaiknya minum dulu air putih. segelas aja sudah cukup untuk pagi2 banget.

      Reply
  2. hemi siregar

    Saya pernah melahirkn secara prematur xg usia 7 bulan dn pda saat itu bayi itu meninggal d dlam dlm 1 minggu stlh melahirkn sya byak mlkukn aktivits hinggs sblhperut kanan sya setiap hari terasa nyeri…apkh itu trmasuk infeksi rahim…..???? Dn bgmaina sya bisa mngtasi itu…..??

    Reply
    1. Admin Solusialami.com Reply Admin

      kami turut berduka cita atas meninggalkan bayi bapak.. pernah di cek lagi ke dokter gak pak? seharusnya jangan dulu melakukan aktivitas yang berat2.

      Reply
  3. Lina

    Min mau nnya dong, setelah kuret skrng sering bgt saya ngerasa nyeri n sakit saat menstruasi, sudah ke bidan untuk usg , tp bubin bilng saya sehat2 saja, tp smpai skrng saya belom hamil jg, pdahal sudah mau 7 bulan setelah kuret. Itu knpq ya min ??

    Reply
    1. Admin Solusialami.com Reply Admin

      efek setelah melakukan kuret >
      1) Nyeri perut / pinggang / kram. Hal ini mungkin terjadi beberapa jam hingga hari. Akan tetapi terkadang dapat terjadi lebih lama, seringkali muncul nyeri pada bulan-bulan selanjutnya, terutama pada waktu seharusnya terjadi menstruasi. Hal ini masih dalam batas normal dan dapat terjadi hingga 3 bulan paska kuret. Nyeri ini dapat anda coba kurangi dengan menggunakan pereda nyeri seperti ibuprofen atau asam mefenamat.
      2) Perdarahan (tidak sebanyak sebelumny) selama beberapa hari paska kuret
      3) tidak ada pantangan makanan khusus. Akan tetapi sebaiknya makanlah makanan yang bergizi.
      4) Secara umum, kuret adalah tindakan pengerokan lapisan endometrium rahim, seringkali menstruasi tidak reguler / gangguan menstruasi karena endometrium belum pulih sepenuhnya. Umumnya pemulihan terjadi dalam waktu 3 bulan. Sehingga pada kebanyakan kasus, nyeri dan gangguan menstruasi membaik setelah 3 bulan :
      Hindari hubungan seksual setidaknya 2 minggu setelah kuret
      Jika akan mencoba hamil kembali, setidaknya tunggulah hingga 3 bulan setelah kuretase
      Perlu mengunjungi dokter jika :
      Demam
      Adanya pengeluaran cairan berbau dari vagina
      perdarahan hebat
      Nyeri hebat yang tidak mereda dengan antinyeri ringan sepeti ibuprofen atau asam mefenamat
      Gangguan menstruasi atau nyeri yang terus menerus terjadi lebih dari 3 bulan

      Diluar itu semua, sebaiknya ibu anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan apakah terjadi infeksi rahim.

      Reply
  4. agus

    Saya mengalami infeksi kandungan,kata dokter kandungan sudah mulai bengkak…apa sudah tergolong berat?trimakasih

    Reply
    1. Admin Solusialami.com Reply Admin

      mbak dewi agustina jika sudah mulai bengkak, termasuk infeksi kandungan golongan berat, tapi percayalah, masih bisa disembuhkan.

      Reply
  5. shisil

    Saya baru melahirkan normal 4 bln , saya suda mulai berhubungan intim baru tapi knpa saat saya berhubungan terasa perih di organ intim saya, apakah itu ad hubunganya dgan penyakit servik?

    Reply
    1. Admin Solusialami.com Reply Admin

      Inidia Penyebabnya :
      a. Cairan lubrikasi yang kurang
      b. Cara / posisi bercinta yang terlalu kasar.
      c. Infeksi virus Herpes genital
      d. Vaginitis = Peradangan pada Miss V
      e. wanita tersebut baru melakukan operasi panggul.
      f. perasaan tegang atau takut sebelum bercinta.
      g. faktor emosional, seperti perasaan stres, depresi, cemas, khawatir dengan penampilan fisik atau memiliki riwayat pelecehan seksual.

      Bila terasa perih tersebut terus berulang ulang, sebaiknya lakukan pemeriksaan….

      Reply
  6. ari gunawan

    Dock say mau konsul istri say punya penyakit infeksi rahim tuh obatnya apa ya

    Reply
    1. Admin Solusialami.com Reply Admin

      sebaiknya istri bapak minum qnc jelly gamat.

      Reply
  7. rini tri mugi utami

    Saya sudah 3,hari mentruasi tapi darahnya berwarna hitam…apakah itu berbahaya???,,

    Reply
    1. Admin Solusialami.com Reply Admin

      Menurut dr Dewi Prabarini, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Brawijaya Woman & Children Hospital, darah haid terdiri atas komponen cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid, memang tidak selalu merah segar, tapi bisa agak kecoklatan atau kehitaman. Warna ini sendiri dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan Miss V.

      Penampilan bisa lebih kemerahan jika komposisi darah lebih banyak. Warnanya bisa pudar kecoklatan jika lendir lebih banyak. Dan, warna bisa kehitaman jika jaringannya yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Misalnya, jika seorang perempuan sedang menderita anemia atau kurang darah, maka warna darah haidnya akan lebih kehitaman.

      Yang jelas, kriteria haid normal lebih dilihat dari waktu periodik yang terjadi setiap 21-40 hari, dengan durasi 1-10 hari, dan jumlah pembalut 1-6 pembalut per hari. Bukan dari warna darah yang merah, hitam, atau coklat.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *