Cari Tahu Makanan Penyebab Batu Ginjal Disini

By Admin Solusialami.com | Penyebab | 225x Dibaca

Ada Beberapa Makanan Yang Berpotensi Menyebabkan Batu Ginjal dan sebaiknya di kurangi porsi dalam mengkonsumsinya. hal ini sangat bermanfaat sekali untuk menghindari terjadinya pembentukkan batu ginjal.

11 Makanan Penyebab Batu Ginjal

Inilah 11 Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Kita Ketahui Bersama :

1. Daging
Daging merupakan makanan yang mengandung protein tinggi dan merupakan salah satu makanan pantangan penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras sehingga akan ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

2. Sarden
Sejumlah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi sarden dalam jumlah banyak akan menyebabkan kesulitan fungsi ginjal. Hal ini disebabkan karena sarden banyak mengandung zat purin yang cukup tinggi, dimana akan menjadi faktor besar dalam terbentuknya batu ginjal. Untuk menghindarinya, sebaiknya batasi mengkonsumsi sarden terlalu sering.

3. Sayuran Hijau Berdaun Gelap
Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayuran lainnya juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal. Hal itu menyebabkan ginjal kesulitan untuk mengurainya ketika terjadi pembuangan. Oleh karena itu, Anda perlu menyertakan beberapa buah di samping sayuran hijau dan perbanyak konsumsi air putih.

4. Kedelai dan Kacang-kacangan
Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.

5. Pemanis Buatan
Saharin atau pemanis buatan sejenisnya wajib Anda hindari untuk menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Kandungan kimia yang terdapat di dalam pemanis buatan adalah penyebab utama penyakit batu ginjal. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti pemanis buatan dengan pemanis alami seperti madu.

6. Produk Susu
Susu yang banyak mengandung kalsium memang menyehatkan bagi tubuh. Tapi tidak dengan orang yang rentan dengan batu ginjal. Karena kalsium bisa membuat ekskresi pada urine semakin meningkat, sehingga limbahnya sulit dibuang melalui urine.

7. Tomat
Tomat mengandung asam oksalat, sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

8. Minuman Berkafein
Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk penderita batu ginjal. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.

9. Minuman Berkarbonasi
Adapun minuman yang menjadi pantangan agar terhindar dari batu ginjal adalah miuman berkarbonasi, umumnya minuman berkarbonasi dapat dijumpai pada jus kemasan, minuman energi, dan soda. Sering meminum minuman berkarbonasi dapat memicu resiko terkena batu ginjal semakin meningkat.

10. Membatasi Makanan yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun hal ini tidak berlaku untuk penderita batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebaiknya dapat membatasi asupan vitamin C, sebab hasil dari metabolisme vitamin C dapat membentuk oksalat. Umumnya kandungan vitamin C terdapat pada buah jeruk.

11. Kurangi Makanan yang Mengandung Banyak Garam
Makanan pantangan penderita batu ginjal adalah makanan yang banyak mengandung garam. Hal tersebut disebabkan garam dapat memicu batu ginjal semakin membesar. Sebaiknya konsumsi garam maksimal 3.500 mg perhari.

Jadi Selain Kurang Minum Air Putih, Makanan Seperti Diatas juga dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit batu ginjal. sekali lagi makanan-makanan diatas bukan tidak boleh dikonsumsi, tetapi porsi konsumsinya dikurangi atau harus seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *